Laporan Triwulan 4 Tahun 2021 LO DIY
Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kekuatan lahir dan batin dalam menjalankan tugas serta kepercayaan di Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (LO DIY) dan dalam melaksanakan penyusunan Laporan Triwulan Keempat Tahun 2021 ini.
LO DIY tetap fokus terhadap orientasi menjadi lembaga pengawasan yang mumpuni dan kekinian, artinya tetap melaksanakan tugas dengan optimal dan menyelaraskan diri pada perkembangan peradaban. Komitmen untuk membangun jejaring koordinasi serta silaturahmi dengan berbagai pihak yang dapat menunjang kinerja LO DIY dalam melakukan pengawasan karena kasus yang ditangani bukanlah kasus-kasus sederhana yang dapat diselesaikan hanya oleh LO DIY. Perbaikan sistemik memerlukan kemauan dan peran dari banyak pihak yang memiliki kesamaan tujuan untuk peningkatan pelayanan publik.
Kinerja LO DIY dalam menjalankan mandat dari Gubernur DIY beserta jajaran Pemerintah Daerah DIY dan masyarakat membutuhkan komitmen dan daya juang yang tinggi. Upaya memacu peningkatan kinerja dalam melakukan pengawasan membutuhkan dukungan dari pemangku kepentingan di DIY. Perbaikan sistemik merupakan tujuan besar untuk meningkatkan pelayanan publik baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun sektor swasta.
Demikian Pengantar Laporan Triwulan Keempat tahun 2021 ini, bahwa kepercayaan adalah kata kunci dalam kinerja LO DIY maka kami berkomitmen juga menjaga kepercayaan dari Gubernur DIY beserta jajaran Pemerintah Daerah DIY dan masyarakat DIY dengan sebaik-baiknya. Mohon maaf atas segala kesalahan dan terima kasih.
Yogyakarta, Desember 2021
Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta
Ketua,
Dr. Suryawan Raharjo, S.H., LL.M.