Laporan Triwulan 2 Tahun 2020 LO DIY
Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kekuatan lahir dan batin dalam menjalankan tugas serta kepercayaan di Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (LO DIY) dan dalam melaksanakan penyusunan Laporan Triwulan Kedua Tahun 2020 ini.
Triwulan kedua ini ditempuh dalam masa Pandemi Covid-19, berbagai penyesuaian dilakukan untuk mencegah penyebaran sekaligus tetap menjaga LO DIY tetap dapat beroperasi untuk menjalankan tugas dan fungsinya. Cara pengaduan dialihkan dengan menggunakan mekanisme online, segenap komisioner, asisten dan karyawan mematuhi prosedur Covid-19 dalam menjalankan tugasnya. Semua ini dilakukan demi perbaikan sistem dengan tujuan peningkatan pelayanan publik.
Kinerja LO DIY dalam menjalankan mandat dari Gubernur DIY beserta jajaran Pemerintah Daerah DIY dan masyarakat membutuhkan komitmen dan daya juang yang tinggi. Upaya memacu peningkatan kinerja dalam melakukan pengawasan membutuhkan dukungan dari pemangku kepentingan di DIY. Perbaikan sistemik merupakan tujuan besar untuk meningkatkan pelayanan publik baik yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun sektor swasta.
Demikian Pengantar Laporan Triwulan Kedua Tahun 2020 ini, bahwa kepercayaan adalah kata kunci dalam kinerja LO DIY maka kami berkomitmen juga menjaga kepercayaan dari Gubernur DIY beserta jajaran Pemerintah Daerah DIY dan masyarakat DIY dengan sebaik-baiknya. Mohon maaf atas segala kesalahan dan terima kasih.
Yogyakarta, Juni 2020
Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta
Ketua,
Dr. Suryawan Raharjo, S.H., LL.M.