Lembaga Ombudsman DIY

Laporan Triwulan 1 Tahun 2013 LOD DIY

 

Program kegiatan yang dilakukan oleh Lembaga Ombudsman Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (LOD DIY) pada triwulan pertama tahun 2013 secara umum merupakan kelanjutan program yang telah direncanakan pada tahun sebelumnya tahun 2012 serta juga merupakan respon atas masukan-masukan dalam refleksi akhir tahun 2012.

Salah satu program yang dilakukan pada triwulan pertama ini adalah melakukan langkah inovatif atas sistem pengaduan terhadap penyelenggaraan pelayanan publik dari yang terfokus pada basis institusi (di kantor LOD DIY) menuju sistem pengaduan pelayanan publik dengan melibatkan masyarakat (berbasis komunitas) dalam bentuk program audit sosial. Hal ini penting dilakukan mengingat daya jangkau masyarakat serta aksesibilitas masyarakat untuk mengadukan persoalan persoalannya ke kantor LOD DIY seringkali mengalami kendala dan hambatan diantaranya adalah jarak yang terlalu jauh yang mungkin membutuhkan waktu, tenaga dan mungkin biaya yang tidak sedikit untuk menyampaikan laporannya. Persoalan semacam ini diasumsikan terutama untuk masyarakat yang secara geografis berada di wilayah yang letaknya jauh dari kantor LOD DIY seperti Kulonprogo dan Gunungkidul. Sebagai upaya sistematis melalui audit sosial LOD DIY juga melakukan program pengembangan melalui sistem SMS gateway dengan cara bekerja secara jaringan yang mempunyai concern yang sama bekerjasama dengan lDEA dan CRI (Combine Research Institute). SMS Gateway ini adalah layanan pengaduan yang untuk saat ini hanya terbatas untuk wilayah kabupaten Bantul dan terbatas pada isu kesehatan. Kurang lebih ada 17 Puskesmas yang telah bergabung dalam sistem sms gateway ini sebagai langkah awal yang memungkinkan bisa dikembangkan lebih jauh dalam isu yang berbeda serta wilayah yang lebih luas.

Selain inovasi dalam sistem pengaduan, LOD DIY juga melakukan suatu kajian atas data pengaduan yang masuk dengan mempertimbangkan persoalan yang dianggap membutuhkan pendekatan sistemik. Kepesertaan program Jaminan Kesehatan Masyarakat (jamkesmas) adalah salah satu pilihan kajian yang dilakukan dengan menghasilkan sebuah policy brief dengan beberapa rekomendasi yang ditujukan kepada para pengambil kebijakan dalam hal ini pengambil kebijakan adalah oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) di Jakarta. Oleh karenanya Tim perwakilan dari LOD DIY melakukan kunjungan ke TNP2K untuk melakukan proses advokasi serta menyampaikan policy brief berikut persoalan- persoalan yang muncul selama ini.

 
Scroll to Top