SMS Gateway Mudahkan Layanan Kesehatan

Rabu, 17 Apr 2013 15:23 WIB

Hingga saat ini masih banyak warga miskin yang kesulitan mengakses layanan kesehatan. Untuk itu kemarin, Selasa (16/4) Pemerintah Kabupaten Bantul meresmikan layanan Short Massage Service (SMS) gateway untuk layanan bidang kesehatan.

Launching layanan ini dilakukan oleh Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Pakualam IX di Gedung Induk Komplek Parasamya. Dengan adanya layanan ini, maka warga masyarakat khususnya warga miskin yang ada di Wilayah Kabupaten Bantul akan lebih terpenuhi layanan kesehatannya. “Jangan sampai warga miskin terbebani mekanisme layanan kesehatan.” harapnya.

Wagub juga berharap dengan adanya layanan ini masyarakat Bantul dapat mengakses layanan kesehatan dengan mudah. Selain itu, melalui layanan ini masyarakat juga dapat menyalurkan berbagai keluhan mereka tentang layanan kesehatan. “Aduan layanan publik dapat diterima guna meningkatkan layanan dibidang kesehatan.” jelasnya.

Hadir pula pada acara tersebut Staf Komenko Kesra RI Fahrul Syah Mega, Lembaga Ombusmen Daerah DIY Ratna Mustika Sari , SP, Ketua Tim Percepatan Penanggulanagn Kemiskinan (TNP2K), Manager Branch Telkom DIY, Direktur IDEA, Ford Foundation, Forkopinda Kabupaten Bantul, Staf Ahli Bupati Bantul, Kepala SKPD, Kepala BUMN/BUMD dan tamu undangan lainnya.

Sementara Bupati Bantul dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Drs. Sumarno PRS diantaranya menyampaikan bahwa peresmian SMS Gateway ini juga merupakan salah satu upaya Pemkab Bantul mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Artinya, Pemkab melibatkan peran masyarakat luas guna perbaikan layanan publik, seperti layanan bidang kesehatan. “Caranya dengan memberikan layanan murah dan cepat kepada masyarakat.” tandas wakil Bupati.

Pada kesempatan tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dr. Maya Sintowati mengatakan, adanya layanan SMS Gateway ini dapat memicu DInas Kesehatan untuk bekerja lebih baik. Meski demikian, dia mengajak semua elemen masyarakat untuk menggunakan sarana ini dengan tepat dan benar. Tujuannya agar layanan ini dapat menuai hasil maksimal nantinya. “kalau ada yang belum pas, nantinya akan ditindak lanjuti.” katanya.

Melalui Nomor 0811 274 1000 warga dapat mengirimkan SMS. Isinya, menyampaikan berbagai keluhan mereka seputar layanan bidang kesehatan. Layanan ini tidak hanya diperuntukkan bagi warga Bantul. Warga di seluruh DIY juga dapat memanfaatkannya. (Sit)

Sumber

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *