Ratusan Jamaah Biro Umrah Abu Tours Gagal Berangkat

Zulfikar Sy | Mar 05 2018, 17:26
Kondisi kantor Abu Tours Cabang Yogyakarta. (MP/Teresa Ika)

MerahPutih.com – Ratusan warga Yogyakarta gagal umrah ke tanah suci. Mereka sudah mendaftarkan diri ke Biro Umrah Abu Tours Cabang Yogyakarta. Namun hingga kini mereka tak kunjung diberangkatkan.

Salah seorang calon peserta umrah, Ikhwan Jati Unawan mengatakan, ia seharusnya berangkat pada Februari 2018. Namun hingga kini belum ada kejelasan dari pihak Abu Tours Yogyakarta tanggal keberangkatan.

Ikhawan tergiur harga murah yang ditawarkan Abu Tours. “Saya ditawari paket umrah Rp 16 juta per orang. Mereka bilang itu harga promo karena baru buka cabang di Yogyakarta. Saya daftar untuk lima orang. Buat saya, istri, orangtua dan anak,”kata Ikhwan melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Senin (5/3).

Ia sudah membayar lunas paket umrah sejak tahun lalu dan disepakati berangkat Februari 2018. Janji tinggal janji. Ia tak kunjung berangkat.

“Manajemen sini sulit dihubungi sejak awal Februari 2018. Saya coba telepon kantor pusat di Jakarta juga gak diangkat,” bebernya.

Sejumlah upaya sudah dilaukan pria asal Sleman, Yogyakarta, ini. Dirinya sudah menyambangi kantor Abu Tours yang berlokasi di Jalan Magelang, Kricak, Tegal Rejo Yogyakarta. Kantor yang berlokasi di ruko ini tutup. Kegiatan operasional juga sudah dihentikan sejak 5 Februari 2018.

Tak menyerah ia pun sudah mendatangi kantor pusat Abu Tours di Mampang, Jakarta. Sayangnya Ikhwan pulang dengan tangan hampa.

“Sampai di sana gak ada manajemen yang bisa ditemui. Hanya ada petugas yang menjelaskan pengumuman dan maklumat dari perusahaan,” kata Ikhwan.

Isi pengumuman itu memberitahu soal penundaan pemberangkatan karena adanya perubahan harga. Manajement Abu Tours meminta jamaah menambah uang Rp 15 juta jika ingin diberangkatkan. “Saya gak mau bayar lagi . Sekarang saja gak ada kejelasan,” katanya.

Ia kemudian mengumpulkan para korban Abu Tours lainya dan mengadukan hal ini ke Lembaga Ombudsman DIY (LOD) pekan lalu.

Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Swasta Lembaga Ombudsman DIY (LOD) Fuad membenarkan pihaknya menerima aduan dari belasan warga Yogyakarta. Para warga mewakili ratusan jamaah umrah Biro Abu Tours datang ke kantornya pada Jumat minggu lalu. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya dalam artikel: MUI Sarankan Jemaah Umrah Khusyul Saat Sa’i

Sumber

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *