PT POS Cetak 1,5 Juta Formulir BLSM Susulan

KEPALA Kantor POS Besar Yogyakarta, Felix Firmano mengatakan, PT Pos Indonesia tengah melakukan pencetakan formulir bagi para warga yang hendak mengembalikan KPSnya. Formulir tersebut nantinya berisi pernyataan bahwa warga tersebut tidak layak menerima BLSM lengkap dengan alasannya.

Formulir juga sekaligus sebagai Surat Pernyataan Rumah Tangga Miskin yang selama ini belum terdaftar sebagai penerima BLSM. “Ada 1,5 juta formulir yang akan dicetak dan diserahkan ke camat di seluruh Indonesia,” ucap Felix yang turut mendampingi kunjungan Komisi VIII DPR RI di Sleman.

Agar tepat sasaran, mekanisme pendataan warga yang memperoleh pengalihan BLSM tersebut akan dilakukan oleh camat dan lurah berdasarkan musyawarah desa atau kelurahan.

Daftar penerima pengalihan BLSM nantinya akan direkap oleh PT Pos dan disampaikan ke pusat untuk pencetakan KPS pengganti dengan identitas yang baru. “Kami belum bisa menargetkan kapan dicairkannya, yang jelas masih tahun 2013 karena itukan alokasi 2013. Kami upayakan secepatnya,” tandasnya.

Sementara wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ledia Hanifa Amaliah menegaskan, daftar warga yang memperoleh pengalihan BLSM tidak boleh lebih dari kuota awal yang sudah ditetapkan sebanyak 15,5 juta Rumah Tangga Sasaran. Hal itu disampaikannya di sela kunjungannya bersama rombongan Komisi VIII DPR RI di Kantor Kelurahan Codongcatur Sleman, Jumat (5/7).

“Tidak boleh lebih dari 15,5 juta. Kalau sampai melebihi, kami tidak punya anggarannya,” tegas politisi PKS tersebut saat memantau pencairan perdana BLSM di Sleman.

Dengan demikian, pengalihan hanya bisa diberikan sesuai jumlah BLSM yang dinyatakan tidak tepat sasaran. Misalnya, jika ada lima warga Condongcatur yang mengembalikan KPS, maka alokasi pengalihannya juga hanya untuk lima orang lainnya. Tidak boleh lebih. Karenanya, mekanisme pengalihan akan diserahkan pada hasil musyawarah kelurahan atau desa setempat. (esa)

Sumber: Tribun Jogja, Sabtu 6 Juli 2013 Halaman 9 & 12

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *