Proyek Tambak Udang Jalan Terus

BANTUL – Larangan Pemkab Bantul untuk tidak membangun tambak udang ternyata tak digubris. Buktinya, lahan tanah kas desa di desa Srigading Kecamatan Sanden masuk tahap pengukuran. Lokasi ini dulunya sempat akan dibuat tambak udang.

Proses pengukuran tanah seluas 20 hektare (ha) ini membuat petani di Desa Srigading resah. Sebab, jika benar lokasi tersebut akan dibuat tambak udang, diyakini akan mematikan lahan pertanian mereka. Berdasarkan informasi yang berkembang, sekarang ini investor dari Semarang tengah mengurus izin ke desa dan ke Pemerintah DIY. “Itu tanah kas desa, luasnya sekitar 20ha. Kami resah jika benar akan dibuat tambak udang,” kata petani Desa Srigading yang meminta namanya dirahasiakan, kemarin.

Apalagi kini tanaman mereka diterjang banjir luapan Muara Opak dan rencana pembebasan lahan untuk proyek Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) serta proyek Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Dengan proyek ini, nantinya akan ada pembebasan lahan sekitar kawasan tersebut untuk pembebasan lahan JJLS. Setidaknya, proyek ini memakan lahan sepanjang 200 meter dan lebar 28 meter. Tak hanya itu, proyek PLTB juga sudah mulai dilakukan pengukuran. Sejumlah petak sawah nampaknya juga akan terkena proyek tersebut. “Kami heran, pak lurah kok mendukung tambak. Padahal sudah terbukti merusak,” ujarnya.

Salah seorang warga Dukuh Ngepet, Srigading, Sanden, Dalijo mengakui keresahan warga di kawasan tersebut. Dia tidak mengetahui kapan realisasi rencana tambak dan JJLS. Namun perihal pengukuran, ia mengakui memang sudah banyak dilakukan. “Yang melakukan orang sini, tapi bisa jadi suruhan dari luar,” paparnya.

Dalijo mengakui, produktivitas lahan pertanian di kawasan tersebut cukup bagus. Bahkan, untuk tanaman padi hasilnya bisa melebihi dari lahan-lahan pertanian yang berada di wilayah lain. Sehingga jika nanti lahan menyusut, mereka khawatir tidak bisa lagi makan dari lahan tersebut. erfanto linangkung

Sumber: Koran Sindo, Rabu 16 Juli 2014 Halaman 20

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *