Permasalahan Layanan Publik
Permasalahan layanan publik terletak pada peningkatan kualitas layanan itu sendiri. Pelayanan yang berkualitas bergantung pada 3 aspek :
  1. Pengembangan kebijakan dan strateginya
  2. Pola penyelenggaraan atau tata laksana
  3. Dukungan infrastruktur
Permasalahan yang selama ini mengganjal dalam meningkatkan pelayanan publik terletak pada pengembangan kebijakan dan strategi yang tumpang tindih. SDM juga menjadi kelemahan utama dalam kaitannya dengan profesionalisme, kompetensi, empati dan etika. Sedang dari sisi kelembagaan kelemahan utama terdapat pada desain organisasi yang tidak dirancang khusus dalam rangka pemberian pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, inovasi layanan publik yang selama ini dapat diwujudkan tidak didukung dengan proses pelembagaan yang baik dari sisi desain kelembagaan maupun payung hukum terhadap inovasi tersebut. Kontributor: Yusticia Eka Noor Ida, S.T – Ketua Bidang Penelitian, Pengembangan dan Hubungan Kelembagaan (23 Januari 2019)