Perlindungan Hukum terhadap Pemegang Polis Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912

Gelar Kasus terkait pemegang polis Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 yang diselenggaran di Kantor Lembaga Ombudsman DIY (24/9)

Acara Gelar Kasus tentang “Perlindungan Hukum terhadap Pemegang Polis Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912” diselenggarakan Lembaga Ombudsman (LO) DIY pada Senin, 24 September 2018 di kantor LO DIY, Jalan Tentara Zeni Pelajar Pingit Kidul Yogyakarta.
Sebagai pemantik diskusi Dr. Asteria Diantika,.S.H.,M.M. (Kepala Sub Bagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen Otoritas Jasa Keuangan DIY) bersama Fuad, S.H.,M.H.,M.,Kn. (Wakil Ketua Bidang Usaha Swasta LO DIY) dan dipandu oleh Sukiratnasari, S.H.,M.,H.

Fuad, S,H., M.H., M.Kn (Tiga dari kiri, Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Pengembangan Usaha Swasta) saat menyampaikan materi gelar kasus (24/9)

Dalam diskusi tersebut, dapat di garisbawahi beberapa hal berikut. Pertama, payung hukum sebuah badan usaha yang berbentuk mutual seperti AJB Bumi Putra seharusnya berupa Peraturan Pemerintah sehingga praktik tata kelola usaha dapat berjalan optimal dan baik dengan dilandasi aturan hukum di atasnya sebagai dasar dan acuan AJB Bumiputera 1912.
Kedua, penyampaian informasi tentang kondisi sebuah lembaga keuangan dan atau produk yang menyertainya merupakan kewajiban yang harus diberikan baik kepada konsumen maupun agen, agar mereka merasa aman dan nyaman dalam menjalankan perannya masing-masing.
Ketiga, sebuah lembaga keuangan dapat terselenggara secara baik dan dapat mengelola pengaduan internal secara objektif, apabila pengelolaan managemen dilakukan dengan baik pula.

Kontributor: Evi Nur Akhidhah, S.Sos – Asisten Bidang Pelayanan dan Investigasi LO DIY

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *