Pedagang Lama Harus Diprioritaskan

SLEMAN (KR) – Bupati Sleman Drs Sri Purnomo meminta investor pembangunan Pasar Kolombo memprioritaskan pedagang lama. Selain itu, jangka waktu pembayaran tempat berdagang harus disesuaikan dengan kemampuan pedagang. Dengan pola yang lebih lunak tersebut diharapkan tidak ada gejolak karena pembangunan pasar. “Tujuan pembangunan pasar itu untuk revitalisasi agar pasar tradisional lebih tertata dan memiliki daya saing dengan pasar modern,” kata Sri Purnomo usai syawalan bersama Korpri, Kami (15/9). Dengan penataan tersebut diharapkan pembeli lebih nyaman saat melakukan transaksi.

Soal investor, Bupati menilai sudah tidak ada masalah lagi. Karena pembangunan tersebut adalah kebijakan Pemerintah Desa Condongcator. “Tentu pemilihan tersebut sudah dilakukan secara selektif,” ucapnya. Dari tiga investor yang mengajukan penawaran, PT Olah Kerta Agung (OKA) membuat program yang tidak memberatkan pedagang karena harganya paling murah. Selain itu, tidak diperlukan proses lelang karena pembangunan tersebut bukan program dari Pemerintah Kabupaten Sleman, namun hubungan langsung antara investor dengan  pemerintah desa.

Sri Purnomo menambahkan, Pemerintah Kabupaten Sleman akan memberikan intervensi terhadap pembangunan pasar tersebut apabila memberatkan pedagang. Meski begitu, diharapkan ada pola komunikasi yang baik antara Pemerintah Desa Condongcatur, PT OKA dan pedagang. Dengan tidak ada jarak dalam penawaran dan kebutuhan, maka pembangunan dapat berhasil dengan baik dan pedagang mendapatkan tempat berjualan yang kondusif.

Disinggung mengenai batas waktu pengosongan pasar pada 24 September 2011 mendatang seperti surat edaran yang diterima pedagang, Sri Purnomo meminta agar semua pihak menahan diri.

“Jangan tekan pedagang, lebih baik dikomunikasikan lagi,” pintanya. Kerena belum ada kesepahaman lebih baik diberi waktu untuk perpanjangan dan pedagang bisa mempersiapkan lokasi sementara. (*-7)-f

Sumber : SKH Kedaulatan Rakyat Jum’at, 16 September 2011

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *