Ortu Pertimbangkan Data Tahun Lalu

PPDB Negeri Diprediksi Kian Ketat

YOGYA (KR) – Penerimaan Siswa Didik Baru (PPDB) sekolah negeri di Kota Yogyakarta diprediksi akan semakin ketat pada tahun ini. Selain nilai hasil ujian nasional semakin merata, juga calon siswa yang mengejar sekolah di Kota Yogyakarta.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Yogya, Budi Asrori kepada KR, Minggu (20/6) mengakui persaingan dalam memperebutkan kursi sekolah negeri semakin ketat dengan sistem Real Time Online (RTO). PPDB dengan pilihan dua sekolah negeri dan satu sekolah swasta ini dianggap relevan dan sudah cukup tepat diterapkan. “Untuk itu orang tua maupun siswa harus cukup jeli melihat perkembangan nilai nantinya karena dalam RTO bisa berubah sewaktu-waktu dan sangat cepat,” imbuhnya.

Untuk mengincar sekolah yang dituju, biasanya orangtua murid untuk menggunakan data hasil PPDB tahun lalu, khususnya rentang nilai yang diterima serta kapasitas kursi yang tersedia. Namun hal itu memang belum menjadi jaminan bahwa hasil PPDB tahun lalu sama dengan tahun ini di setiap sekolah.

Budi menambahkan data rentang nilai sebenarnya dibutuhkan bagi siswa dengan nilai pertengahan ke atas . Adapun berita dan pengumuman mengenai PPDB online, Disdik membuka layanan di http://yogya.siap-psb.com/. Beberapa informasi yang termuat seperti aturan dan prosedur PPDB, jadwal pelaksanaan , alur pendaftaran, hasil seleksi, data pendaftar, daya tampung, statistik PPDB, info sekolah, info sebaran nilai UN, PPDB tahun lalu dan beberapa masukan, kritik serta pertanyaan.

Terpisah ketika dimintai kementar terkait dengan hal itu Wakil Ketua Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) DIY, Bagus Sarwono mengungkapkan, ketatnya persaingan dalam seleksi PPDB menuntut kecermatan khusus dari orangtua. (M-1/Ria)-a

Sumber: SKH Kedaulatan Rakyat, Senin 21 Juni 2010 Halaman 17 Kolom 2

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *