Ombudsman Pertanyakan IMB Hotel di Atas Bangunan Warisan Budaya

Ujang Hasanudin | Kamis, 25/06/2015

Foto ilustrasi Solopos/Ardiansyah Indra Kumala

Bisnis.com, JOGJA- Lembaga Ombudsman DIY mempertanyakan izin mendirikan bangunan (IMB) yang diterbitkan Pemkot Jogja untuk Hotel Amaris di Malioboro, sebab dalam perkembangannya, ada bangunan warisan budaya (BWB) di lokasi hotel tersebut.

Komisioner Lembaga Ombudsman DIY Bidang Sosialisasi Kerjasama Jaringan, Imam Santoso mengatakan dari hasil klaifikasi pihak Hotel Amaris memang didapati sejumlah dokumen yang cukup lengkap.

Persoalannya adalah, kata dia, kenapa IMB itu bisa diterbitkan Pemkot Jogja, “Padahal sudah ada bangunan warisan budaya yang sudah terdaftar sejak 2009,” kata dia, Rabu (24/6/2015).

Oleh karena itu, Ombudsman pun berencana kembali menelusuri proses perizinan Pemkot Jogja. Dalam waktu dekat, Ombudsman berencana kembali melakukan gelar perkara dalam kasus tersebut. Imam menyatakan, lembaganya ingin agar kasus ini menjadi pembelajaran bagimana komitmen pelestarian cagar budaya di DIY.

Imam mengatakan, Ombudsman tetap merekomendasikan agar pembangunan Hotel Amaris ditunda sementara selama dalam proses penyelidikan. Hingga kemarin surat rekomendasi Ombudsman kepada Wali Kota Jogja belum dibalas.

Editor: Nina Atmasari

Sumber

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *