Ombudsman: Berat Ganti Nama

YOGYAKARTA, KOMPAS – Lembaga Ombudsman Swasta (LOS DI Yogyakarta merasa berat jika harus mengganti nama terkait ketentuan baru dalam Undang Undang Nomor 37 Tahun 2008. LOS berharap Pemerintah Provinsi DIY memperjuangkan uji materi (judicial review) ke Mahkamah Konstitusi atas ketentuan tersebut.

“Terus terang, kalau pendapat pribadi para anggota tidak setuju penggantian nama karena selama ini nama LOD sudah cukup dikenal oleh masyarakat,” ujar Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan LOS DIY Farid Bambang Siswantoro, Minggu (11/4).

UU No. 37/2008 tantang Ombudsman Republik Indonesia (ORI) melarang lembaga lain menggunakan kata “ombudsman”. Ketentuan harus dipatuhi paling lambat April 2011. LOS dan Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) DIY telah berdiri sejak 2005. Selama itu, LOS telah “berinvestasi” sosialisasi cukup banyak untuk memperkenalkan lembaga pengawas sektor swasta itu kepada masyarakat.

Oleh karena itu, Farid berharap Pemprov DIY menempuh jalan uji materi ke MK untuk meminta ketentuan Pasal 46 (1) UU 37/2008 itu dihapus. “Uji materi hanya bisa dilakukan oleh Pemprov karena hak konstitusional Pemprov yang dilanggar, yakni kewenangan mengatur diri sendiri,” ujar Farid.

Bukan Solusi

Terkait alternatif lain yang diwacanakan, yakni peleburan LOD dan LOS dengan ORI DIY, Farid menilai hal itu juga bukan solusi terbaik. “Selain masalah teknis karena standar kompetensi SDM yang berbeda antar lembaga, peleburan itu juga berlawanan dengan semangat otonomi daerah,” katanya.

Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X berkomitmen mempertahankan keberadaan LOD dan LOD DIY. Komitmen itu disampaikan Ketua LOD DIY Moh Hasyim usai bertemu Sultan HB X di Kepatihan

Menurut Hasyim, dalam pertemuan dengan Sultan tidak khusus membahas penggantian nama LOD dan LOS setelah pemberlakuan UU Nomo 37/2008. “Gubernur akan bertemu dulu dengan Ketua ORI, mungkin akan ada MoU dengan ORI soal kewenangan LOD dan LOS,” katanya.

Sumber: KOMPAS, Senin 12 April 2010 Halaman A Kolom 6

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *