MINTA DISPENSASI USIA PENCALONAN KADES Bupati Tolak Permohonan Warga Trihanggo

SLEMAN (KR) – Sekitar 350 warga yang tergabung dalam Forum Peduli Masyarakat Trihanggo (FPMT) Gamping melayani surat ke Bupati Sleman terkait pelaksanaan pilkades. Mereka minta bupati memberikan izin kepada Kades lama Suyadi Harjo Piyogo untuk ikut dalam pilkades meski usianya sudah 62 tahun lebih.

Menurut Ketua FPMT H Sutopo Hadi SPD, ada sejumlah alasan sehingga forum yang berasal dari unsur perangkat desa, dukuh, BPD, lembaga kemasyarakatan desa dan masyarakat mendukung pencalonan pejabat Kades tersebut. Di antaranya, warga Trihanggo mengadakan fitur kades yang mempunyai basic manajemen yang baik, demokratif, aspiratif dan mampu mewujudkan pemerintahan desa yang baik.

“Prestasi Suyadi sebagai Kades Trihanggo cukup baik dan didukung lembaga desa dan masyarakat. Sehingga FPMT minta bupati mengabulkan permohonan kami agar dapat terwujud Trihanggo yang baik,” kata Sutopo. Saat dikonfirmasi, selasa (20/1), Kbag Pemdes Pembakab Sleman Drs Joko Supriyanto mengaku sudah menerima surat dari FPMT tersebut. Namun ditegaskan, sampai saat ini perda Sleman No. 3 Tahun 2007 tentang Tata Cara Pemilihan Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa yang menyebutkan usia calon Kades maksimal 60 tahun belum direvisi.

Oleh karena itu calon Kades yang saat ini usianya sudah di atas 60 tahun tidak perlu memaksakan diri untuk maju Pilkades 2009. “Sampai saat ini Perda No 3 Tahun 2007 masih digunakan dan pelaksanaan Pilkades 2009 tetap berpedoman pada aturan tersebut,” kata Joko.

Menurut Joko, Pemkab Sleman Sudah menerima sejumlah surat permintaan izin untuk mencalonkan diri dari calon kades yang usianya di atas 60 tahun. Namun Pemkab Sleman tidak bisa melayani keinginan para mantan kades yang ingin maju lagi tersebut karena memang aturannya tidak memperbolehkan.

Sumber: SKH Kedaulatan Rakyat, Rabu 21 Januari 2009

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *