Memperingati Hari Stastistik Nasional Data Berkualitas, Tingkatkan Pelayanan Publik

Hari Statistik Nasional (HSN) diperingati setiap tanggal 26 September, yang disahkan Undang-Undang Perstatistikan. Hari Statistik Nasional bukan hanya milik Badan Pusat Statistik, tetapi semua masyarakat turut terlibat dalam mengupayakan terwujudnya data yang berkualitas.

Dewasa ini tuntutan pelayanan publik semakin dibutuhkan. Citra pelayanan di sejumlah lembaga pemerintahan yang terkesan lambat dan berbelit-belit menjadi perhatian khusus dalam program percepatan reformasi birokrasi. Oleh karenanya, tuntutan pelayanan publik yang cepat dan inovatif terus diupayakan sebagai salah satu dari sembilan program percepatan reformasi birokrasi.

Peningkatan pelayanan publik adalah peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Salah satu contoh untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik adalah layanan data yang bisa diakses masyarakat. Kumpulan data dalam bentuk angka maupun bukan angka yang disusun dalam bentuk tabel (daftar) dan atau diagram yang menggambarkan atau berkaitan dengan suatu masalah tertentu disebut statistik.

Data disajikan untuk menunjukkan kondisi yang sebenarnya atau dengan kata lain memotret kondisi lewat data. Bagaimana membuat kebijakan yang tepat, dan cepat, pasti memerlukan data. Pola penyajian data perlu diubah formatnya sesuai tuntutan dan perkembangan zaman, baik pola pengumpulan data maupun metodologinya dan kemudian disinkronkan antara data, naratif dan visualnya sehingga mutakhir.

Hampir sebagian besar otak manusia digunakan untuk mengolah data visual. Maka tak heran bahwa memori yang paling bertahan lama umumnya dipicu oleh pengalaman visual. Dengan demikian, menjadi penting bagi instansi atau lembaga yang memiliki wewenang dalam pelayanan publik untuk memperhatikan, meningkatkan dan menyajikan data secara visual sehingga aksesibel dan tepat sasaran.

Kontributor: Yusticia Eka Noor Ida, S.T – Ketua Bidang Penelitian, Pengembangan dan Hubungan Kelembagaan LO DIY

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *