LOD siap tindak lanjuti pungutan sekolah

Miftahul Ulum Harian Jogja

JOGJA – Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) DIY mengimbau orangtua siswa melaporkan praktek pungutan biaya sekolah dan pengadaan seragam yang tidak sesuai dengan prosedur.

“Silahkan orangtua mengadu ke kami [LOD] bila mengalami pungutan di SD, SMP non-RSBI, termasuk pengadaan sekolah yang tidak sesuai dengan prosedur”, jelas Bagus Sarwono, Wakil Ketua LOD DIY, Selasa (19/7).

Bagus menguraikan pungutan di SD dan SMP negeri yang bukan rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) tidak dibenarkan. Meskipun pungutan itu bertujuan untuk mengembangkan fasilitas dan memenuhi biaya operasional sekolah.

Biaya fisik dan operasional di pendidikan dasar, lanjut dia ditanggung pemerintah melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pusat dan daerah. Hal ini sudah diatur dalam Undang-undang Dasar 1945 dan peraturan turunannya berupa Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan peraturan pemerintah.

Seperti diberitakan sebelumnya, praktik pungutan biaya pendaftaran dan seragam sekolah di Sleman diungkapkan Sujiratmono, anggota komisi C DPRD Sleman. Sujiratmono, mengatakan pungutan pendaftaran terjadi di salah satu SD di Ngemplak dan SMP negeri di Berbah, Sleman.

Bagus menilai pengadaan seragam yang dikoordinasikan sekolah juga tidak dibenarkan. Pasalnya, Peraturan Gubernur No. 12/2008 tentang Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tegas menyebut pengadaan seragam diserahkan ke orangtua siswa. Bila sekolah melalui koperasi menyediakan seragam itu pun tidak bersifat memaksa.

“Komite pun bila menyepakati pengadaan seragam harus menjelaskan ke orangtua pembelian seragam tidak wajib,” jelas Bagus saat menghubungi Harian Jogja.

Mengatasi persoalan pengadaan seragam yang tidak sesuai peraturan, Bagus menilai pemerintah daerah perlu sosialisasi yang benar. Termasuk perlu menyusun petunjuk atau daftar harga seragam berdasar harga pasar sehingga orangtua siswa punya panduan.

Sumber: Harian Jogja Rabu, 20 Juli 2011 Halaman 12 Kolom 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *