LOD Perlu Partner Berjejaring

JOGJA –  Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) DIJ berkunjung ke Radar Jogja kemarin (1/2). Kunjungan tersebut untuk membangun kerja sama dalam rangka perbaikan pelayanan publik. Juga dalam rangka pencapaian program kerja 100 hari pertama 2012 yakni kerja sama dengan pemerintah daerah dan media.

“Kami memerlukan partner untuk berjejaring demi pelayanan publik yang lebih baik. Untuk itulah LOD mengajak pemerintah daerah dan media. Radar Jogja adalah koran strategis, sehingga kami dapat membantu program-program lembaga ombudsman,” ujar Ratna Mustika Sari, ketua LOD DIJ. Kunjungan tersebut diterima Pemimpin Redaksi Radar Jogja Abdi D. Noor.

Ratna Mustika mengatakan, media merupakan sarana yang tepat untuk menyampaikan informasi. Selain itu dapat mengenalkan inovasi terbaru kami dan bias memperkenalkan ombudsman lebih luas ke masyarakat. “Lewat kerjasama ini kami harapkan bisa melakukan investigasi kasus-kasus yang diterima ombudsman,” ujarnya.

Selain program 100 hari kerja, LOD juga memiliki empat program baru. Yakni, Ombudsman Awardpada akhir 2012 bagi pemerintah daerah yang melayani publik dengan baik. Program lain adalah audit sosial yaitu membangun komunitas-komunitas yang bisa mengawasi publik.

Lainnya adalah Ombudsprudensi yaitu kumpulan laporan masyarakat sekaligus keputusan akhir LOD. Harapannya, menjadi rujukan untuk melihat kasus-kasus yang terjadi. Juga membuka link dengan ombudsman luar negeri. (mg4/tya)

Sumber : Jawa Pos Kamis 2 Januari 2012 Halaman 2 Kolom 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *