LOD, Jembatan Kepentingan Pemerintah dan Warga

BANTUL (KR) – Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) Propinsi DIY berkunjung ke Pemkab Bantul. Kedatangan mereka dalam rangka menyampaikan tugas sebagai jembatan warga dan pemerintah serta menginformasikan rencana pemberian penghargaan kepada Pemerintah Daerah/Kota dengan LOD Award.

Pimpinan LOD Propinsi DIY, Ratna Mustiasari, Selasa (24/1) mengatakan LOD yang dipimpinnya mempunyai tugas utama menjembatani permasalahannya antara pemerintah daerah dengan masyarakat. “Kadang masyarakat tidak paham atau belum tahu aturan, sementara pemerintah daerah kurang mensosialisasikan peraturan yang ada. Untuk itu LOD akan berusaha mencari akar terjadinya konflik untuk dipahami bersama dan jalan keluar yang terbaik,” ujar Ratna.

Ratna menuturkan pemberian LOD Award dilakukan di tahun 2012 ini melalui mekanisme survei dan pengamatan. “Pemkab mana yang memberikan pelayanan terbaik menurut masyarakat. Tahun 2013 kami bekerja sama dengan Kedaulatan Rakyat dan perwakilan SKPD se-DIY menyusun kriteria lomba dan me-launching program,” katanya.

Bupati Bantul Hj Sri Surya Widati menuturkan Pemkab Bantul sangat terbuka dan mengapresiasikan langkah LOD Propinsi DIY. Pihaknya mengakui, baik bupati beserta jajarannya tidak menampik kemungkinan memiliki kesalahan dalam melaksanakan pelayanan, namun hal tersebut bukan dilandasi dengan kesengajaan. “Pemkab Bantul meminta bila terjadi konflik, bisa diselesaikan dengan duduk bersama mencari akar permasalahan dan mencari aturan hukum yang ada,” tegasnya. (R-6/Jdm)-f

Sumber: SKH Kedaulatan Rakyat Rabu 25 Januari 2012 Halaman 4 Kolom 4

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *