LOD DIY Terima 12 Keluhan Distribusi BLSM

Ivan Aditya | Kamis, 4 Juli 2013

YOGYA (KRjogja.com) – Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) DIY hingga saat ini telah mencatat 12 aduan berupa pesan singkat atau SMS berisi keluhan mengenai distribusi Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM). Selain mempertanyakan kriteria penerima BLSM, pesan yang masuk juga mengeluhkan distribusi BLSM yang dianggap tidak tepat sasaran.

Ketua LOD DIY, Ratna Mustika menuturkan, dengan banyaknya keluhan masyarakat yang masuk, LOD berinisiatif untuk membuka SMS gateway ke nomor 08112741000 guna menampung keluhan masyarakat terhadap BLSM.

“Nomor tersebut pada dasarnya menjadi penampung keluhan secara umum masyarakat yang ingin disampaikan kepada LOD. Sebelumnya tercatat, nomor tersebut juga dimanfaatkan untuk menampung keluhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan,” ujarnya, Kamis (4/7).

Menurutnya, kebijakan memanfaatkan SMS gateway untuk menampung keluhan BLSM tersebut dikarenakan, dalam beberapa waktu terakhir sebagian besar pesan yang masuk menyampaikan keluhan distribusi BLSM.

“Misalnya SMS dari nomor 0813265XXX mengeluhkan bahwa pembagian BLSM di Dusun Gunung Cilik, Muntuk, Dlingo Bantul tidak tepat sasaran. Pengirim juga mempertanyakan kriteria penerima BLSM,” paparnya.

Keluhan dari nomor tersebut, lanjutnya, juga mengaku menjadi pemegang Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) tapi tidak menerima BLSM. Padahal seharusnya Perlindungan Sosial tersebut menjadi satu paket.

“Dari aduan dan keluhan yang sudah masuk kami belum melakukan tidak lanjut termasuk pengecekan langsung ke lapangan. Namun demikian, dalam waktu dekat akan dilakukan upaya koordinasi dengan Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) untuk menindaklanjuti laporan-laporan tersebut,” tegasnya. (Aie)

Sumber

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *