LOD DIY Harus Perbanyak Rekomendasi

YOGYA (KR) – Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) DIY dibentuk untuk membantu Gubernur dalam menjaga dan mengawasi kinerja aparatur pemerintah. Ke depan, LOD harus memberikan laporan atau rekomendasi kepada Gubernur setiap 2-3 bulan sekali, sehingga Pemerintah Propinsi DIY bisa melakukan langkah pembenahan dan perbaikan kinerja aparat dengan lebih cepat dan lebih baik.

Sekretaris Tim Seleksi (Timsel) LOD dan Lembaga Ombudsman Swasta (LOS) DIY Achiel Suyanto SH MBA mengatakan, sistem rekomendasi kepada GUbernur selama ini disampaikan LOD pada setiap akhir tahun, sehingga kalau ada kekeliruan kinerja aparat, upaya pembenahannya terlambat.

“LOD periode mendatang perlu menyampaikan laporan atau rekomendasi pada Gubernur tiap 2-3 bulan, supaya informasi dari masyarakat bisa cepat diserap dan Gubernur bisa mengambil sikap untuk memperbaikinya,” katanya seusai Uji Publik Calon Anggota LOD DIY Periode 2012-2015 di DPRD DIY, Sabtu (10/12).

Dalam Uji Publik kemarin, masyarakat menyoroti belum maksimalnya peran LOD dalam melakukan fungsi pengawasan atas kebijakan pemerintah yang merugikan masyarakat kecil. Salah satunya kebijakan yang memberikan kemudahan berdirinya pasar modern, sehingga pasar tradisional terpinggirkan.

“LOD perlu mendorong pemerintah daerah untuk mengambil kebijakan yang memihak masyarakat kecil sehingga pasar tradisional bergairah kembali. Persoalan ini sudah dicoba ditangani oleh LOD periode sebelumnya, tapi kami belum melihat signifikansi yang mengarah pada perubahan kebijakan,” kata Tulus Widodo dari kelompok pedagang tradisional Yogyakarta. (Bro)-m

Sumber: SKH Kedaulatan Rakyat Selasa, 13 Desember 2011 Halaman 9 Kolom 5

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *