LOD Akan Bentuk Kader Ombudsman

JOGJA – Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) bakal membentuk kader-kader ombudsman di sejumlah daerah. Pembentukan kader itu untuk memaksimalkan kinerja LOD. Selain itu juga pembentukan kader ombudsman sebagai tindak lanjut program kepengurusan sebelumnya.

Hal tersebut diungkapkan Ketua LOD Ratna Mustika Sari saat berkunjung ke Harian Jogja, Selasa (31/1). Dalam kunjungan itu Ratna didampingi Wakil Ketua LOD, Mukhsin Achmad, Bidang Sosialisasi dan Penguatan Jaringan Siwi Dwi Lestari dan Bidang Penanganan Laporan Buyung Ridwan Tanjung.

“Jika periode lalu sudah dibentuk klinik pengaduan, salah satu program kerja kita untuk periode ini adalah membentuk kader-kader ombudsman di daerah-daerah,” terang Ratna. Kunjungan komisioner LOD itu langsung diterima Wakil Pimpinan Redaksi Harian Jogja Adhitya Noviardi, Redpel Harian Jogja Adi Prabowo, serta Redaktur Harian Jogja Sugeng Pranyoto.

Ditambahkan Ratna hingga tiga periode LOD, tercatat 850 kasus yang sudah ditangani. “Kebanyakan dari kasus-kasus itu kasus pertanahan mendominasi,” ungkapnya.

Selain akan membentuk kader-kader ombudsman, LOD DIY juga mengagendakan seminar internasional yang akan mengundang ombudsman dari sejumlah Negara. Tujuan diadakannya acara tersebut agar ada perbandingan ombudsman diantara negara-negara peserta. Harian Jogja/Sugeng Pranyoto.

Sumber: Harian Jogja Rabu 1 Febuari 2012 Halaman 14 Kolom 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *