LO DIY Buka Posko Pengaduan Kenormalan Baru Sektor Pendidikan

Editor: Danar Widiyanto
ombudsman_diy

YOGYA, KRJOGJA.com – Sejalan dengan semangat memutus mata rantai penularan virus Covid-19, Lembaga Ombudsman (LO) DIY membuka Posko Pengaduan Penyesuaian Kenormalan Baru untuk Sektor Pendidikan Tahun Ajaran 2020/2021 terhitung mulai 23 Juni-30 September 2020.

“Posko ini menampung semua keluhan, kritikan, masukan, aspirasi dan pertanyaan warga terkait Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPBD), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dengan sistem UTBK, penyesuaian kenormalan baru penyelenggaraan kegiatan pendidikan pada semua level mulai jenjang Pendidikan Usia Dini hingga Perguruan Tinggi,” jelas Wakil Ketua Bidang Aparatur Pemerintah Daerah Sukiratnasari didampingi Wakil Ketua Bidang Pendidikan, kelembagaan dan Hubungan Kelembagaan LO DIY Yusticia Eka Noor Ida kepada wartawan di Kantor LO DIY, Selasa (24/6/2020).

Dikatakan Sukiratnasari, beberapa hal yang perlu dicermati bersama pada masa penyesuaian kenormalan baru untuk sektor pendidikan tahun ajaran 2020/2021, seperti pelaksanaan kegiatan pembelajaran tatap muka sebaiknya dilaksanakan dengan mempertimbangkan Keputusan Mendikbud yakni Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19) yaitu hanya bisa dilakukan pada daerah dengan status pandemi berwarna hijau. Pada zona yang diperkenankan tersebut, wajib memperhatikan sarana prasarana pembelajaran sehingga potensi penularan virus dapat dicegah semaksimal mungkin.

“Sementara untuk zona lain, tetap menggunakan mekanisme pembelajaran jarak jauh. Dalam sistem ini juga perlu diperhatikan kesiapan sumber daya dan sarana prasarananya dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing satuan pendidikan,” ucap Suki.

Selain itu juga adanya assesment kondisi kesiapan anggaran sumber daya dan sarana parasarana pada masing-masing satuan pendidikan dan perguruan tinggi, alokasi anggaran Bosnas, Bosda dan kemungkinan bantuan anggaran lain yang dapat diupayakan membantu pelaksanaan pembelajaran di masa kenormalan baru, perlunya sosialisasi yang masif tentang pembukaan satuan pendidikan melalui online dan offline sehingga kekhawatiran masyarakat dapat diminimalkan dan tidak terjadi misinformasi

“Selain itu, kapasitas pendidik dan peserta didik harus ditingkatkan agar dapat menyesuaikan diri pada kondisi pandemi Covid-19. Sistem pendaftaran dan seleksi peserta didik yang telah disesuaikan dengan protokol pandemi Covid-19 sehingga tidak menyebabkan kerumunan, lebih memudahkan dan aman dari potensi penyebaran virus,” kata Suki.

Termasuk lanjutnya, adanya kurikulum baru yang lebih adaptif dengan situasi pandemi. Lebih optimal untuk mendukung peserta didik belajar dari rumah. Penyesuaian kurikulum kenormalan baru dengan kurikulum sebelum pandemi sehingga dapat efektif diimplementasikan sesuai kondisi peserta didik.

“LO DIY dalam batas-batas kewenangannya akan melayani pengaduan warga masyarakat untuk kemudian merumuskan tindak lanjut yang diperlukan melalui mekanisme investigasi, koordinasi, klarifikasi dan mediasi dengan stakeholder terkait guna menghasilkan produk akhir berupa rekomendasi, laporan penyelesaian kasus dan atau policy brief dengan tujuan memberikan masukan untuk perbaikan dan peningkatan layanan publik pada sektor pendidikan di DIY,” jelasnya. (Feb)

Sumber

2 thoughts on “LO DIY Buka Posko Pengaduan Kenormalan Baru Sektor Pendidikan”

    1. Terima kasih atas partisipasi di dalam Website Lembaga Ombudsman DIY.
      Apabila bapak/ibu memiliki keluhan terkait pelayanan publik yang diselenggaran oleh Pemerintah dan instansi swasta silahkan mengisi formulir pelaporan di website LO DIY atau datang langsung untuk konsultasi ke alamat kantor kami yang tertera di website LO DIY.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *