Lembaga Ombudsman: Walikota Jogja Paling Sulit Ditemui

Agu 19, 2015 | rizal sj

Wakil Ketua Lembaga Ombudsman Yogyakarta, Mohammad Saleh Tjan/ Dok. net

Jogja, (sorotjogja.com) – Tidak hadirnya Walikota Jogja, Haryadi Suyuti dalam pertemuan klarifikasi Hotel Amaris di Jalan Pajeksan menimbulkan keprihatinan tersendiri bagi Lembaga Ombudsman (LO) Yogyakarta. Padahal dalam surat yang dilayangkan LO Yogyakarta tanggal 7 Agustus 2015 secara jelas mengundang orang nomor satu di Kota Jogja untuk memberikan klarifikasi langsung.

Dalam pertemuan itu pihak Pemerintah Kota Jogja diwakili oleh Asisten 1 Walikota Jogja Ahmad Fadli, Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Jogja Basuki Hari Saksono, dan beberapa stafnya. Wakil Ketua LO Yogyakarta, Mohammad Saleh Tjan mengungkapkan bahwa sejak bertugas tujuh bulan yang lalu pihaknya belum pernah sekalipun bertemu dengan Haryadi Suyuti.

“Dalam beberapa kali kesempatan kita tidak pernah sekalipun bisa menemui beliau. Bahkan dalam acara yang bersifat nonformal. Kami menyesalkan hal tersebut karena Pak Walikota Jogja paling sulit kita temui dibandingkan empat kepala daerah lain di DIY. Pertemuan dengan kepala daerah sangat penting untuk menyamakan persepsi karena tugas kami untuk melayani pengaduan masyarakat soal kebijakan daerah dan fenomena lainnya,” jelasnya, Selasa (18/8/2015).

Saleh Tjan mengakui bahwa pihaknya kini telah bersinergi dengan kepala-kepala daerah Sleman, Bantul, Kulonprogo, dan Gunungkidul dalam menyaring aduan masyarakat. Bahkan ia mengatakan bahwa pemerintah daerah di empat kabupaten tersebut sangat menyadari pentingnya bekerja sama dengan Lembaga Ombudsman Yogyakarta.

“Pertemuan dengan kepala daerah, walaupun hanya satu kali sangat penting untuk menyamakan persepsi. Saya harap Lembaga Ombudsman Yogyakarta juga bisa bekerja sama dengan baik dengan Pemkot Jogja dalam melayani pengaduan masyarakat. Karena pemerintah daerah memerlukan Lembaga Ombudsman untuk mengetahui pengaduan apa saja yang terjadi di tengah masyarakat, termasuk yang tidak bisa mereka cover,” pungkas Saleh Tjan.

Sumber

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *