Kepastian Tanah Pengganti Disoal

SLEMAN – Kasus tukar guling tanah kas Desa Sinduadi terus menggelinding. Meski pemkab telah memberikan klarifikasi terkait proses pelepasan tanah kas desa itu, tak menyurutkan niat Komisi A DPRD Sleman tetap memanggil Tim 9 yang bertangggungjawab dalam proses pelepasan tanah kas desa yang terletak di Jalan Kalimantan dan Sulawesi Dusun Purwosari Desa Sinduadi tersebut.

“Kita tetap agendakan jadwal pemanggilan,” tukas Wakil Ketua Komisi A Sadar Narimo SH, kemarin. Pemanggilan itu direncanakan akan digelar secepatnya. Bahkan dia memberikan ancer-ancer akan diupayakan dalam minggu ini. Menurutnya, sebelum lebaran lalu dirinya pernah meminta Setwan mengagendakan jadwal memanggil pejabat Sleman yang menjadi anggota Tim 9. namun karena terbentur jadwal pembahasan perubahan APBD 2005, maka rencana itu belum dapat direalisasikan.

Sadar menegaskan dewan memberikan apresiasi dengan itikad pemkab melalui Sekkab Sutrisno yang telah memberikan klarifikasi kepada Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) DIJ. Hanya saja, Sadar mengaku terkejut dengan adanya informasi soal adanya informasi soal adanya selisih luas tanah yang tertuang dalam Keputusan Gubernur DIJ Nomor 32/IZ/2003 tertanggal 29 Oktober 2003.

Dalam keputusan itu, gubernur memberikan izin tanah kas desa yang dilepas itu terdiri atas persil D II dengan luas 22.500 meter persegi. Selanjutnya persil 19 klas D II seluas 10.500 meter persegi. Bila total luas tanah yang dilepas mencapai 33.000 meter persegi.

Namun dalam keterangan kepada LOD, Sutrisno menginformasikan tanah yang direalisasi dilepas seluas 31.228 meter persegi. Bila dihitung ada selisih seluas 1.772 meter persegi.

Selain itu, Sadar juga mempertanyakan kepastian pengganti tanah kas desa yang kini telah dikuasai PT Formula Land. Di tempat ini dibangun perumahan elite, Bale Agung. Tentang keharusan adanya tanah pengganti ini termuat dalam pasal 9 perda Provinsi DIJ 5/1985. (kus)

Sumber: Radar Jogja, Senin 14 November 2005

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *