Bimbingan Teknis Audit Sosial Lembaga Ombudsman DIY

Pada masa pandemi seperti saat ini, dunia digital menemukan momentum untuk tumbuh pesat. Hampir semua proses pembelajaran dari tingkat anak usia dini hingga mahasiswa dilakukan secara online. Hal ini tentu menuntut adanya peningkatan literasi digital dari masyarakat. Pelajar/mahasiswa adalah salah satu komponen masyarakat yang diharapkan menjadi lokomotif transformasi bangsa menuju kondisi yang lebih baik. Pada era saat ini, konten digital mempunyai pengaruh yang masif dalam proses transformasi sosial masyarakat. Konten digital yang mendidik dan menarik dapat mempercepat proses transformasi sosial masyarakat. Dalam hal ini konten digital adalah alat yang cukup efektif untuk tujuan diatas sehingga menjadi suatu nilai lebih jika kita dapat menguasainya.

Dalam era saat ini, masyarakat dapat memantau dan memastikan bahwa pelayanan publik tersebut berjalan dengan baik, sesuai dengan peraturan, dan tidak ada penyimpangan dan bermanfaat bagi sasaran layanan. 

Pelayanan publik selama ini diawasi oleh Ombudsman, dan untuk DIY ada Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (LO DIY). LO DIY telah menyelenggarakan pengenalan dan pelatihan audit sosial selama beberapa tahun terakhir ini. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat untuk secara partisipatif turut mendorong terwujudnya pelayanan publik yang baik. Hal tersebut diharapkan dapat memberi manfaat langsung pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat, termasuk dapat mencegah kemungkinan penyalahgunaan kewenangan, korupsi dan maladministrasi layanan.

Adanya peningkatan keterbukaan informasi publik telah memperluas pengetahuan masyarakat terhadap hak atas pelayanan publik. Peran pelajar tentu sangat signifikan dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik karena pelajar adalah pengguna pelayanan, calon pemberi pelayanan, dan dalam era digital saat ini, pelajar adalah agen perubahanan dan influencer yang dapat mempengaruhi terciptanya perbaikan dalam pelayanan publik.

Selengkapnya Klik

 

Setiap peserta Pelatihan Audit Sosial Lembaga Ombudsman Daeah Istimewa Yogyakarta wajib untuk mengisi data diri.

Media Sosial Ombudsman

Ikuti kami cukup dengan klik