BOS Daerah untuk Sekolah Gratis

PENDIDIKAN

BANTUL, KOMPAS – Untuk menunjang program sekolah gratis, Pemerintah Kabupaten Bantul sedang menyiapkan dana bantuan operasional sekolah daerah. Besarnya kebutuhan BOS darah masih dalam proses perhitungan dan akan dimasukkan dalam anggaran perubahan.

Kepala Dinas Pendidikan Daerah Kabupaten Bantul Sahari, Senin (9/2), mengatakan tahun lalu besarnya BOS daerah berkisar Rp 120.000 per siswa per tahun.baik untuk SD maupun SMP. “Tahun lalu sekolah masih belum bisa gratis meski sudah ada BOS nasional dan daerah. Tahun ini, kami berharap dengan kenaikan BOS nasional dan penambahan BOS daerah, sekolah-sekolah benar-benar bisa gratis,” tuturnya.

Dia mengatakan dana BOS daerah belum tercantum dalam anggaran reguler karena pemerintah  masih harus menghitung biaya operasional ideal untuk SD dan SMP  di Bantul.” Proses perhitungan butuh waktu lama, sementara APBD keburu diketok. Makanya, nanti akan dimasukkan ke anggaran perubahan,” katanya.

Mulai tahun ini, setiap siswa  SD memperoleh dana BOS Rp 397.000/tahun, sementara tahun lalu Rp 254.000/tahun. Untuk siswa SLTP naik dari Rp 354.000/tahun. Di Bantul ada sekitar 70.000 siswa SD dan 32.000 siswa SLTP. Sayangnya, dana BOS nasional kemungkinan baru bisa cair Maret mendatang sehingga pihak sekolah terpaksa harus mencari dana talangan.

Menurut Sahari, untuk menyiasati keterlambatan pencarian itu, sekolah diminta berhemat dan berusaha sendiri mencari dana alternatif. “Secara  khusus, kami tidak menganggarkan dana talangan sementara untuk BOS. Jadi, Silahkan sekolah mencari solusi sendiri,” ujarnya.

Secara terpisah, Ketua musyawarah Kepala SMP se-Kabupaten Bantul Bambang Edi Sulistyana mengatakan, untuk mewujudkan sekolah gratis, kebutuhan dana tambahan per anak mencapai Rp 500.000-Rp 550.000 per tahun. “Angka pastinya masih dalam pembahasan. Jadi, sifatnya masih perkiraan sementara,” ucapnya.

Edi menambahkan, konsep sekolah gratis sebaiknya tidak melupakan sisi kualitas. (ENY)

Sumber: KOMPAS, Selasa, 10 Februari 2009

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *