Beri Award Pelayanan Terbaik

LOD Jembatani Konflik Pemerintah dan Warga

BANTUL – Kabar miring seputar pelayanan yang dialamatkan ke Pemkab Bantul menarik perhatian Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) DIJ. Kemarin (24/1) anggota lembaga tersebut menyambangi Pemkab Bantul. Dalam kunjungan sekitar 40 menit itu, rombongan yang dipimpin Ratna Mustikasari SIP diterima Bupati Bantul Sri Suryawidati bersama petinggi pemkab.

Ratna mengatakan, LOD memiliki sejumlah tugas utama. Di antaranya, menjembatani permasalahan yang terjadi antara pemerintah daerah dengan masyarakat. Jangan sampai konflik itu terus berkembang sehingga mengganggu roda pemerintahan.

“Jangan sampai perang opini di media massa. Apalagi membenarkan pendapatnya sendiri,” kata Ratna.

Menurut dia, persoalan yang sering muncul biasanya dipicu minimnya pemahaman masyarakat terhadap sejumlah peraturan atau regulasi. Akibatnya warga sering meluapkan kekesalan terhadap pegawai yang bertugas di sektor pelayanan. “LOD berusaha mencarikan solusi agar persoalan tidak melebar,” terang Ratna.

Untuk merangsang pemerintah daerah lebih maksimal dalam memberikan pelayanan, LOD berencana memberikan penghargaan kepada pemkab dan pemkot di DIJ yang memiliki prestasi berdasarkan penilaian masyarakat.

“Tim akan melakukan survei dan pengamatan di sejumlah kantor pelayanan. Lembaga dianggap baik oleh masyarakat pantas mendapatkan LOD Award,” tegas Ratna.

Bupati Bantul Sri “Ida” Suryawidati mengatakan, Pemkab Bantul mendukung program LOD Award ini. Kompetisi itu penting untuk mendorong pegawai di sektor pelayanan lebih ramah melayani masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Ida tidak menampik kemungkinan ada sejumlah pegawai yang melakukan kesalahan saat melayani masyarakat. “Tapi bisa jadi kesalahan itu tidak disengaja, melainkan minimalnya pemahaman  pegawai terhadap aturan hukum,” paparnya.

Ida mengimbau masyarakat yang memiliki persoalan dengan Pemkab Bantul agar segera menyelesaikan secara kekeluargaan. “Lebih baik panggil kedua belah pihak. Duduk satu meja dan cari solusi,” terang dia. (mar/amd)

Sumber: Radar Jogja Rabu 25 Januari 2012 Halaman 5 Kolom 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *