Belum Menentukan Rekomendasi

KOMISIONER dan Ketua Pokja Bidang Penanganan Laporan LOD DIY, Buyung Ridwan Tanjung,  menyatakan bahwa aduan dari pedagang suvenir di kios di Jl Mas Suharto telah ia terima. Pihaknya mengaku belum menentukan rekomendasi karena saat ini masih dalam proses klarifikasi dengan berbagai pihak.

Namun, informasi yang dihimpunnya dari pemerintah kota, di lahan tersebut sebenarnya tidak akan dibangun fasilitas negara jika tanah itu bukan milik negara. Fakta lain, disebutkan, BPN pernah membebaskan tanah itu seluas 316 meter persegi pada 1957. “Nampaknya ada ukuran yang kurang pas pada saat kemudian juga muncul pemegang sertifikat, katanya.

Buyung menyebutkan BPN pernah melakukan pembebasan lahan, tetapi juga mengeluarkan sertifikat kepada perorangan. Dengan demikian, masing-masing pihak, penghuni kios dan pemegang sertifikat, pun bersikeras mempertahankan lahan itu.

Tentang perkembangan masalah itu, bahwa kemudian penghuni kios dilaporkan ke polisi, Buyung berharap pemerintah proaktif. Dia menyarankan agar pemerintah segera melangkah. “Jangan sampai muncul korban. Sementara ini belum ada rekomendasi (dari LOD), kami masih klarifikasi,” ujarnya. (ose)

Sumber: Tribun Jogja Selasa, 22 Januari 2013 Halaman 11

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *