Aduan Ke LOD Naik 8 Kali Lipat

SEHARI setelah diluncurkannya SMS pengaduan BLSM oleh Lembaga Ombudsman Daerah (LOD) DIY, Jumat (5/7), jumlah aduan yang masuk langsung meningkat drastis hingga delapan kali lipat dibandingkan sehari sebelumnya.

Tercatat, jumlah aduan yang diterima LOD DIY pada Kamis (4/7) sebanyak 12 aduan, terdiri dari 5 aduan dari Sleman, 4 aduan dari Kota Yogyakarta dan 3 aduan dari Bantul.

Namun, saat dikonfirmasi kembali pada Jumat (5/7), total aduan yang sudah diterima mencapai 96 aduan terdiri dari 33 aduan dari Sleman, 14 aduan dari Kota Yogyakarta, 7 aduan dari Bantul, empat aduan dari Kulonprogo, tiga aduan dari Gunungkidul, satu aduan dari Kebumen serta 34 aduan lain yang belum diketahui kota asal pengirimnya.

“Kecenderungan aduan-aduan yang disampaikan masih sama, kebanyakan tentang penerimaan BLSM yang tidak tepat sasaran,” ucap Ketua LOD DIY, Ratna Mustika Sari kepada Tribun Jogja.

Tim dari LOD DIY juga langsung menindaklanjuti aduan-aduan tersebut satu persatu. Pada hari yang sama, Ratna dan timnya langsung melakukan pengecekan langsung terhadap sejumlah aduan dari Gunungkidul. Berikutnya, LOD DIY juga akan berkoordinasi dengan Tim Koordinasi Penanggulangan  Kemiskinan (TKPK) di masing-masing kabupaten/kota untuk menindaklanjuti rencana pengalihan BLSM. (esa)

Sumber: Tribun Jogja, Sabtu, 6 Juli 2013 Halaman 9 & 12

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *